An CX enthusiast who runs this website. Any inquiry critics or advice pelase mail me through contact us pages. Thank You !
0
(0)

Jakarta – CDIO TelkomGroup, Muhamad Fajrin Rasyid, secara resmi melakukan kick start Customer Experience (CX) Dashboard secara online melalui webinar, Rabu (19/5).  Acara dihadiri oleh 112 peserta diantaranya EVP Digital & Next Business, EVP TREG 3, EVP TREG 4, EVP TREG 7, EGM Divisi TV Video, Direktur Metranet, DEGM IT Operation, VP Planning & Resource Management Direktorat Consumer, DEVP CX & Digitalization BUMN, DEVP Infrastructure TREG 4, DEGM Infrastructure & Operation Divisi TV Video, DEGM Business Devt & Programming Divisi TV Video,  jajaran senior leaders dari CFU CONS, CFU EBIS, CFU WINS, FU NITS, CFU DB, TREG 1 s/d 7, Melon, Metranet, Infomedia, dan Telkom Akses.

Acara dibuka oleh Sri Safitri selaku DEVP CX & Digitalization BUMN yang memberikan laporan mengenai hasil pengukuran NPS (Net Promoter Score) dari layanan Telkom serta menyampaikan kesiapan Customer Experience (CX) Dashboard yang menyediakan data skor NPS serta metrics layanan secara terintegrasi.

 “Kita sudah memiliki purpose,vision dan mission, dimana customer experience menjadi salah satu mission yang terkait dengan  orchestrate digital ecosystem to deliver superior customer experience“, tutur Sri Safitri. Disini kuncinya adalah bagaimana Telkom Group baik dari unit IT, Regional, anak perusahaan dan unit pengelola produk untuk bersama – sama bisa memberikan superior customer experience. Sri Safitri menjelaskan bahwa CX Dashboard telah dikembangkan agar masing-masing unit dapat mengakses dan monitoring secara langsung data kinerja NPS, customer feedback, customer paint points, operational metrics dan juga program CX improvement. CX Dashboard dapat diakses melalui jaringan Telkom intranet dengan user login menggunakan NIK & password portal. Pada acara ini sekaligus dilakukan sosialisasi fitur CX Dashboard kepada seluruh peserta acara melalui pemutaran video sosialisasi fitur CX Dashboard.

Fajrin Rasyid menyambut baik inisiatif pengembangan CX Dashboard ini. Pada kesempatan ini Fajrin Rasyid menyampaikan highlight sebagai berikut, pertama, bagaimana Telkom menggunakan teknologi digital untuk dapat meningkatkan value add bagi bisnis kita terhadap customer. Hal ini menjadi penting karena berdasarkan fakta di market global, perusahaan yang memiliki CX yang unggul memiliki return yang lebih baik dibanding perusahaan lainnya. Kedua, jika kita lihat dunia digital, perubahan yang terjadi sangat cepat. Salah satu contohnya adalah keluhan gangguan pelanggan Indihome saat ini banyak disampaikan melalui social media berbeda dengan kondisi sebelumnya dimana keluhan gangguan disampaikan pelanggan melalui Plasa Telkom. Selain itu, terkait kejelasan informasi, saat ini pelanggan juga ingin mengetahui posisi teknisi Indihome secara real time. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut saat ini telah tersedia fitur untuk tracking teknisi di aplikasi mobile myIndihomeX. Menjadi krusial bagi kita untuk selalu mendengar dan mengikuti perkembangan perilaku serta ekspektasi customer.

  “Oleh karena itu saya menyambut baik inisiatif pengembangan CX Dashboard ini, karena data merupakan elemen yang paling penting, you can not improve what you can not measure. Dashboard ini memiliki tujuan untuk dapat mengintegrasikan data dalam single view dan bisa menjadi hal yang bermanfaat bagi para pengambil keputusan. Saya berharap dashboard ini dapat terus dikembangkan sesuai kebutuhan. Feedback dari seluruh pengguna dashboard ini sangat diharapkan untuk dapat kita terus improve dashboard ini. Selain itu perlu dilakukan tracking menu-menu dashboard diakses oleh pengguna”, ujar Fajrin Rasyid.

Fajrin Rasyid mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang terlibat dalam pengembangan CX Dashboard serta berharap agar CX Dashboard ini dapat digunakan oleh semua pihak yang berkepentingan, serta berujung pada peningkatan CX Telkom dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Pada kesempatan ini diselenggarakan juga sharing session dari Accenture, yang disampaikan oleh CX Expert Ritesh Chandra dan Astha Bhardwaj yang telah berpengalaman belasan tahun di industri Telekomunikasi dan Customer Experience.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?