CX Internship Period Q2 - Q3 2021 (Marketing Communication Binus)
0
(0)

Kesuksesan maskapai penerbangan Garuda Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Berdiri lebih dari 70 tahun, Garuda Indonesia mengalami berbagai kendala hingga perkembangan bisnisnya. Hingga saat ini, eksistensi Garuda Indonesia masih jelas terlihat bahkan memiliki citra yang baik sebagai maskapai penerbangan nasional di Indonesia. Eksistensi Garuda Indonesia saat ini tidak luput dari loyalitas customernya, dan upaya yang mereka lakukan untuk menarik konsumen hingga menjadi customer yang loyal.

Sebelum tahun 2005, upaya yang dilakukan Garuda Indonesia untuk mempertahankan bisnisnya adalah dengan memfokuskan segalanya pada operasional bisnisnya. Namun, mereka menyadari bahwa focus pada operasional bisnis saja tidak akan meningkatkan kepuasan pelanggan apalagi loyalitas mereka terhadap Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia sadar bahwa pelayanan merupakan kunci atau faktor yang sangat penting. Pada tahun 2005, Garuda Indonesia membentuk direktorat service yang sebelumnya tidak ada. Direktorat service berfokus pada pelayanan dan upaya Garuda Indonesia memberikan Customer Experience yang terbaik bagi pelanggannya. Direktorat service dapat dikatakan sebagai departemen yang bersifat customer centric. Berjalannya waktu, Garuda Indonesia memiliki misi dari tahun 2017 hingga saat ini untuk membawa keramahan Indonesia yang terbaik bagi dunia.

Dipaparkan oleh Nicodemus P. Lampe selaku Direktur Pelayanan Garuda Indonesia pada acara BukaTalks, CX yang diberikan Garuda Indonesia kepada pelanggannya adalah membuat masyarakat Indonesia yang menggunakan jasa penerbangan Garuda Indonesia merasa seperti “rumah”, nyaman, dan aman. Sedangkan warga asing atau turis mancanegara yang melakukan penerbangan bersama Garuda Indonesia merasakan suasana budaya Indonesia, salah satunya adalah dengan keramahtamahan Indonesia melalui awak kabin yang bertugas.

CX yang diupayakan oleh Garuda Indonesia bersifat dinamis mengikuti perkembangan zaman serta mengikuti kebutuhan pasar, sehingga pelayanan yang diberikan selalu cocok dengan kebutuhan pelanggan, maka dari hal tersebut kepuasan pelanggan meningkat dan menciptakan loyalitas customer.

Source : https://youtu.be/YB9c8rVvVLw

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?