CX Internship Period Q2 - Q3 2021 (Management - Binus University)
0
(0)

Customer Experience atau biasa dikenal dengan nama CX, berasal dari pengalaman dan ekspektasi konsumen. Sebelumnya CX digunakan untuk diferensiasi suatu brand dari brand lain, namun pada saat ini CX lebih cenderung kepada mengubah ekspektasi, invoasi dan juga transformasi bisnis hingga bisa dinikmati sepenuhnya oleh konsumen, khususnya disaat pandemi ini. Covid 19 membuat digitaliasi menjadi pusat berbagai interkasi. Lalu bagaimana cara perusahaan dalam menghadapi hal ini?

1. Membuat Hipotesis

Merencanakan untuk kedepan apa saja pengalaman baru apa yang dapat diberikan pada konsumen. Melihat kembali pengalaman yang diberikan perusahaan untuk konsumen lalu dari hasil penilaian konsumen dapat dinilai apa saja yang dapat dikembangkan.

2. Bisnis Model Baru

Sebagai perusahaan dalam masa pandemi harus cepat beradaptasi, jadi penting untuk meninjau ulang perusahaan dari tata kelola, berbisnis, networknya dan cepat dalam pengambilan keputusan.

3. Prioritas, Standarisasi, Digitalisasi

Memprioritaskan pengalaman konsumen dengan antisipasi maksimal dan pengalaman yang empatetik. Lalu standarisasi serta digitalisasi semua solusi dalam proses bisnis.

4. Akselerasi Proses

Solusi yang konstan diberikan dapat meningkatkan loyalitas konsumen, dengan membuat, uji coba, berulang kali sehingga solusi dapat diberikan secara cepat.

5. Melihat Customer Centric KPIs

Perusahaan harus dapat menentukan area untuk diprioritaskan. Penting bagi perusahaan untuk berintegrasi dengan konsumen melalui KPI sehingga hasil tersebut dapat dipakai untuk melakukan tujuan-tujuan perusahaan.

source :

https://uxplanet.org/customer-experience-during-a-pandemic-5-steps-to-map-a-path-forward-63af5ccf6294

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?