CX Internship Period Q2 - Q3 2021 (Marketing Communication Binus)
5
(1)

tahun 1971, Starbucks telah menghadirkan kedai kopi yang berbeda dari kedai kopi lainnya. Starbucks merupakan jaringan kedai kopi terbesar di dunia dan dianggap sebagai representasi budaya kopi gelombang kedua di Amerika Serikat. Kini, Starbucks telah tumbuh pesat menjadi kedai kopi modern yang dengan mudah ditemukan dimanapun. Di Indonesia, Starbucks sudah ada ratusan cabang yang dapat ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan masih banyak lagi.

Starbucks sangat sukses melakukan ekspansi ke ratusan negara di dunia, padahal awalnya Starbucks hanya sebuah toko kecil yang menjual biji kopi. Kesuksesan Starbucks tidak lepas dari strategi marketing maupun strategi Customer Experience yang mereka lakukan.  

Terdapat beberapa trik psikologi yang digunakan Starbucks untuk menciptakan Customer Experience yang menarik perhatian pelanggannya, dari sekian banyak trik yang digunakan oleh Starbucks berikut adalah trik yang paling berkesan dan penerapannya sangat berpengaruh pada Customer Experience, yaitu : 

  1. Menuliskan nama pelanggan di setiap gelas pesanan. Trik psikologi ini ternyata mampu menghadirkan pengalaman pelanggan yang sukses bahkan diikuti oleh banyak merchant lainnya. Pelanggan sangat focus dengan informasi atau hal yang relevan dengan mereka, seperti mendengar nama mereka dipanggil ketika pesanan mereka sudah siap. Starbucks menggunakan trik ini sebagai upaya personalisasi dengan nama pelanggan sehingga membuat pelanggan merasa dekat dengan brand melalui pengalaman yang lebih personal. 
  1. Menciptakan proses pemesanan yang efisien. Prinsip psikologi “The Peak-End” diterapkan Starbucks untuk menghadirkan customer journey yang efektif dan efisien. Starbucks menerapkan prinsip tersebut dengan cara menyediakan fitur “Order Ahead” pada aplikasinya sehingga memungkinkan pelanggan melewati pembayaran dan antrean pengambilan kopi, hal tersebut mampu menghindari momen yang tidak disukai oleh pelanggan yaitu menunggu dan mengantre demi pengalaman pelanggan yang cepat dan berkesan.

Tidak perlu diragukan lagi jika Starbucks mampu berkembang begitu pesat dimanapun, karena Starbucks mampu menerapkan strategi dan prinsip-prinsip psikologi marketing guna menghadirkan Customer Experience yang baik. Namun, kesuksesan Starbucks tidak terjadi secara instant, mereka adalah produk dari pengalaman, pengujian, dan pengoptimalam bertahun-tahun.

Source : https://medium.com/choice-hacking/how-starbucks-uses-psychology-to-create-an-unforgettable-customer-experience-960019f81a89

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?