CX Internship Period Q2 - Q3 2021 (Management - Binus University)
0
(0)

Starbucks merupakan sebuah coffee shop yang memberikan layanan customer experience yang baik karena terdapat unsur human element yang dapat menjadi sebuah pertimbangan dengan aktivitas inti bisnisnya. Starbucks sendiri memiliki ciri khas yang tidak hanya bertanggung jawab dan memfokuskan mengenai kopi, the dan juga makanan saja, namun juga suasana yang dapat meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan baik sehingga dapat menciptakan kepuasan dalam pelanggan.

Starbucks sangat memperhatikan terhadap quality control pada suatu produk yang dihasilkan dan  menjadikan sebuah minuman yang sempurna setiap saat untuk para pelanggan. Hingga akhirnya Starbucks meluncurkan misi resmi yang berisikan: “To inspire and nurture the human spirit—one person, one cup, and one neighbourhood at a time.” Dari hal tersebut dapat mengubah pola pikir setiap pelanggan untuk menjadikan sebuah tempat untuk menikmati secangkir kopi yang enak. 

Hal ini menjadikan Starbucks dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang di mana para karyawan yang bekerja diberikan pelatihan yang dapat memberikan adanya rasa terhubung dengan setiap pelanggan yang ada untuk mempertahankan customer experience-nya. Cara yang diberikan untuk memberikan pelayanan yang baik dengan cara mempelajari cara dalam mengenali dan juga menanggapi setiap kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Mulai dengan cara bagaimana para karyawan menyapa, memberikan solusi, mendengarkan setiap keluhan yang ada, memberikan kesan yang baik seperti menulis notes pada cup minuman yang dibeli oleh pelanggan dan cara mereka berterima kasih kepada pelanggan. Dengan hal tersebut, setiap suasana lingkungan yang ada akan memberikan suasana positif dan nyaman yang akan memberikan loyalitas pelanggan kepada Starbucks atas pelayanan dan juga produk yang diberikan. Sebagai contoh, ketika suatu pelanggan sudah memberikan loyalitas terhadap Starbucks yang sering dia datangi maka para karyawan yang bekerja di sana pun juga lebih akrab dalam menyapa dan mengetahui nama pelanggan setia mereka.

Dengan kata lain, tidak hanya produk yang mereka hasilkan secara maksimal, namun juga pelayanan terhadap pelanggan saling terhubung dengan baik yang akan meningkatkan customer satisfaction dalam memberikan customer experience yang unggul.

Sumber:
https://www.starbucks.com/about-us/company-information/mission-statement

https://www.zendesk.com/blog/forging-unforgettable-connection-starbucks-experience/

https://www.nbrii.com/blog/the-customer-experience-starbucks/

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?