An CX enthusiast who runs this website. Any inquiry critics or advice pelase mail me through contact us pages. Thank You !
0
(0)

Jakarta – Delivering best customer experience: Delighting customer journey by delivering superior digital experience merupakan salah satu program utama TelkomGroup. Karenanya Satgas Customer Experience mengadakan suatu forum yang mengundang para Senior Leader dari berbagai daerah dan unit untuk diberikan materi dan penjelasan tentang pentingnya customer experience dalam dunia yang serba digital saat ini.

Acara CX Forum II 2018 berlangsung selama 2 hari, jumlah peserta yang diundang adalah 160 orang yang dibagi menjadi 2 batch yaitu batch 3 untuk 10 Oktober 2018 dan Batch 4 untuk 11 Oktober 2018. Rangkaian acara terdiri dari workshop yang diisi oleh pembicara Internal ataupun Eksternal Telkom , games, dan design sprint yang berlangsung sejak pagi hingga sore.

Acara berlangsung cukup padat, sesi pagi dibuka VP Human Capital Development Dwi Heriyanto mewakili Dir HCM. “Transformasi untuk mewujudkan best customer experience tidak hanya dengan merubah sistem dan tool, tetapi juga people memegang peran yang sangat penting. Dengan pelatihan dan program seperti ini, diharapkan mampu merubah culture dan behaviour untuk selalu mengutamakan pelanggan dan memberikan pelayanan melebihi ekspektasi pelanggan,” papar Dwi.

Materi berikutnya disampaikan langsung oleh Sri Safitri yaitu “Why customer experience?” di mana dijelaskan urgensi customer experience bagi TelkomGroup. Suatu jurnal memprediksi bahwa umur perusahaan Telco saat ini hanya tersisa 3 tahun. Jika dalam waktu tersebut tidak ada perubahan yang berarti perusahaan Telco akan tenggelam digantikan perusahaan-perusahaan yang disruptive seperti Go-Jek atau Tokopedia di mana segala aspek kehidupan sekarang ini begitu bergantung pada perusahaan tersebut.

Telkom yang memiliki pondasi kuat dan memiliki basis customer yang besar seharusnya saat ini tak kalah dalam memberikan layanan dengan perusahaan tersebut.

Pada CX Forum juga disampaikan inisiatif-inisiatif unit CX selama phase I, II, dan III yang sudah berlangsung sejak 2016 hingga sekarang. Serangkaian phase yang dilakukan tersebut memiliki satu tujuan bagaimana menciptakan wow customer experience bagi para pelanggan yang menggunakan produk Telkom.

Acara CX Forum berlangsung cukup meriah lewat berbagai games untuk team building dan juga presentation games yang didalamnya peserta dituntut mampu untuk mempresentasikan materi dari gambar yang disajikan langsung dalam waktu terbatas.

Acara berikutnya yang tak kalah menarik adalah design sprint, di mana pada acara tersebut masing-masing grup diberikan topik permasalahan yang terjadi di perusahaan. Dalam waktu terbatas para peserta diminta berdiskusi dalam memecahkan masalah tersebut kemudian mempresentasikannya dalam waktu singkat. Hasil dari design sprint nantinya dikompulir dan dijadikan pertimbangan dalam improvement customer experience. Tujuan dari design sprint agar membiasakan para karyawan untuk menggali ide-ide terbaik dalam implementasi customer experience di unit masing-masing.

Penutupan acara CX Forum II 2018 dilakukan Dir WINS Abdus Somad Arief (ASA). Ia mengatakan, “Sebagai pemimpin ataupun Senior Leader janganlah membohongi diri sendiri. Terbiasa menampilkan data yang baik semua, tapi ternyata target tidak tercapai, komplain masih sering terjadi, gangguan tidak teratasi. Oleh karena itu, mari mulai jujur dan transparan terhadap kinerja diri sendiri kemudian memberikan pelayanan dengan sepenuh hati agar customer experience Telkom meningkat.”

Peserta CX Forum merasa puas dengan acara yang dibuat karena tak hanya mendengar penjelasan namun juga ada sesi interaktif dan atraktif sehingga tidak membosankan.

Harapannya, melalui CX Forum menjadikan peserta atau para leader berkomitmen akan memberikan customer experience terbaik di unit masing-masing dan selalu berpikir kreatif dan efektif untuk memecahkan segala permasalahan yang dihadapi perusahaan. (Jolang/Red01)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?