An CX enthusiast who runs this website. Any inquiry critics or advice pelase mail me through contact us pages. Thank You !
5
(1)

Jakarta – Achieving Healthy Growth and Profitability by Delivering Best Customer Experience merupakan tema CX Forum TW – 1 2019 atau kegiatan CX Forum ketiga yang telah dilaksanakan sebelumnya di bulan Oktober 2018. Customer Experience Forum (CX Forum) adalah event internal Telkom Group yang mengundang Senior Leaders manajemen di lingkungan Telkom Group. Event ini diselenggarakan sebagai bagian dari program Customer Experience Transformation yang telah dicanangkan oleh Telkom sejak tahun 2017.

CX Forum diselenggarakan secara rutin setiap Triwulan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang benar tentang Customer Experience dan menumbuhkan inspirasi dari pengalaman orang atau perusahaan lain dalam mengelola Customer Experience-nya kepada jajaran manajemen Telkom Group.

Dari dua kali penyelenggaraan CX Forum, total sejumlah 266 orang Band Posisi I dan II telah menjadi peserta CX Forum. Dan pada CX Forum ketiga kali ini dipenuhi oleh peserta yang berasal dari unit-unit yang bertanggung jawab atas bisnis dengan segmen Corporate Customer (B2B) antara lain dari CFU EBIS, CFU WIBS, FU NITS, FU DSP serta middle management dari unit-unit yang bertanggung jawab atas bisnis dengan segmen Retail Customer (B2C) antara lain dari CFU Mobile, CFU Cons, FU DSP, FU KEU, FU HCM.

Pada gelaran CX Forum TW – 1 2019 hari pertama, acara dibuka oleh Abdus Somad Arief selaku DirWINS sedangkan acara hari kedua dibuka oleh David Bangun selaku DirDSP. Rangkaian acara terdiri dari workshop yang diisi oleh pembicara Internal Telkom ataupun Eksternal, games, design sprint yang berlangsung sejak pagi hingga sore.

Di hari pertama, sesi pagi dibuka oleh VP Human Capital Development Dwi Heriyanto mewakili DirHCM, “Transformasi untuk mewujudkan best customer experience tidak hanya dengan merubah system dan tool, tetapi juga people memegang peran yang sangat penting, dengan pelatihan dan program seperti ini diharapkan mampu merubah culture dan behaviour untuk selalu mengutamakan pelanggan dan memberikan pelayanan melebihi ekspektasi pelanggan”.

Materi berikutnya disampaikan langsung oleh Kepala Proyek CX Transformation Sri Safitri yaitu “Why customer experience?” pada materi ini disampaikan urgensi customer experience bagi TelkomGroup. “Suatu jurnal memprediksi bahwa umur perusahaan Telco saat ini hanya tersisa 3 tahun, jika dalam waktu tersebut tidak ada perubahan yang berarti perusahaan Telco akan tenggelam digantikan perusahaan-perusahaan yang disruptive seperti Go-Jek atau Tokopedia dimana segala aspek kehidupan sekarang ini kita sangat bergantung pada perusahaan tersebut, Telkom yang seharusnya memiliki pondasi yang kuat dan memiliki basis customer yang besar harusnya saat ini tidak kalah dalam memberikan layanan dengan perusahaan tersebut”.

Turut hadir pembicara eksternal, antara lain EVP Digital Transformation PT Bank BRI Kaspar Situmorang yang berbicara tentang “How to Deliver Best Customer Experience in The Digital Era?” dilanjutkan dengan Director Blue Bird Group Holding Ir. Sigit Priawan Djokosoetono untuk memberikan pemaparan tentang CX Best Practice and Lessons Learned from Blue Bird Group.

Di sesi siang hari, dibuka oleh Accenture Senior Manager and ASEAN Lead for CMT Customers & Channels Mr. Ritesh A. Chandra yang memberikan materi “Understanding B2B Customer Experience” dan dilanjutkan dengan group activity design solving yang dipandu oleh Director and Co-Founder of UX Indonesia Adi Tedjasaputra yang berlangsung seru dan menarik.

Pelaksanaan pada hari kedua berlangsung tak kalah seru dan menarik, karena acara diisi oleh pemaparan dari Director of operations OVO (PT. Visionet International) Hendy Wijaya yang memberikan sharing mengenai CX Best Practice and Lessons Learned from Digital Services, disini kita mendapatkan insight tentang bagaimana OVO dengan waktu yang relatif cepat dapat meraih profit dan jangkauan yang luas.

Dan dilanjutkan oleh CEO and Co-Founder of UX Indonesia Ibu Dr. Eunice Sari yang memberikan materi “Wear your Customer’s shoes : Understanding Customers from Customer Journey Point of View”, yaitu untuk memberikan customer experience terbaik, pelaku usaha harus menempatkan sebagai pelanggan. Acara ditutup oleh VP HCSM Dharma Syahputra

Peserta CX Forum merasa puas dengan acara yang dibuat karena tidak hanya mendengar penjelasan saja namun juga ada sesi interaktif dan atraktif yang membuat peserta tidak merasa bosan sejak acara dimulai hingga selesai. Harapan dari CX Forum agar peserta atau para leader berkomitmen akan memberikan customer experience terbaik di unit masing-masing dan selalu berpikir kreatif dan efektif untuk memecahkan segala permasalahan yang dihadapi perusahaan. (Corcomm/RED03/RED05)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?