An CX enthusiast who runs this website. Any inquiry critics or advice pelase mail me through contact us pages. Thank You !
0
(0)

Yogyakarta – Direktur Digital Busines Faizal Rochmad Djoemadi berkesempatan menyaksikan Launching Customer Experience (CX) Transformation Operationalization Telkom Regional 4 sekaligus memberikan Closing Remarks pada Customer Experience (CX) Forum, Jumat (23/8). CX Forum Triwulan-3 2019 berlangsung selama dua hari, dibuka oleh EVP Telkom Regional 4 Djatmiko.

Dalam sambutannya, Djatmiko menyampaikan pentingnya customer experience bagi keberlanjutan bisnis Telkom di masa depan dan menginstruksikan agar para peserta dapat mengikuti rangkaian acara sampai selesai. Acara dilanjutkan presentasi Why Customer Experience oleh Sri Safitri selaku Kapro CX Transformation. Dalam presentasinya, Safitri menyampaikan berbagai contoh bagaimana industri dan perusahaan lain sangat fokus pada customer experience, karena memahami bahwa hal ini akan berdampak pada keberlangsungan bisnisnya. Contohnya tentang Amazon yang menyediakan Wi-Fi gratis di penerbangan (in flight connectivity) yang tentunya dapat menjadi ancaman bagi keberlangsungan bisnis perusahaan telekomunikasi seperti Verizon. Rangkaian presentasi selanjutnya disampaikan oleh Susanti, Coordinator CX Performance & Measurement, yang memaparkan bagaimana memahami pengukuran Net Promoter Score dan menindaklanjuti hasilnya dengan action plan. Acara dilanjutkan dengan Design Thinking Workshop yang difasilitasi oleh Bengris Pasaribu selaku UX Master Telkom Indonesia.

Design Thinking Workshop dilakukan dengan tujuan melatih peserta untuk berpikir secara customer-centric, memandang masalah dari sudut pandang customer.

Acara kemudian ditutup dengan arahan Direktur Digital Business, Faizal R Djoemadi. Faizal mengawali presentasinya dengan sebuah video yang memberikan ilustrasi tentang peluang dan tantangan di era digital. Faizal memaparkan gambaran performansi bisnis Telkom dan memberikan apresiasi khususnya bagi CFU Consumer yang masih konsisten menunjukan kinerja positif. Lebih lanjut Faizal kembali menegaskan tentang urgensi CX bagi perusahaan telekomunikasi.

Faizal menampilkan contoh Singtel dan Telefonica sebagai perusahaan telekomunikasi yang dinilai cukup sukses melakukan digital transformation, “Porsi revenue digital kita baru 5,7%, dibandingkan dengan Singtel dan Telefonica yang revenue digitalnya telah mencapai 7%, Telkom masih punya peluang dan harus meningkatkan lagi proporsi revenue digitalnya agar terwujud visi King of Digital.” Faizal menambahkan, “Peran rekan-rekan Telkom Regional sangat penting, karena Indihome merupakan saluran bagi bisnis-bisnis digital kita. Kualitas customer experience Indihome bergantung pada kualitas people and process rekan-rekan sekalian.”

Faizal menutup presentasinya dengan menyampaikan harapan bahwa Telkom Regional 4 dapat sungguh-sungguh berkomitmen pada Customer Experience Transformation dengan ditunjukkan salah satunya meningkatnya capaian NPS pada periode pengukuran berikutnya. (CX/Red01)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?