An CX enthusiast who runs this website. Any inquiry critics or advice pelase mail me through contact us pages. Thank You !
0
(0)

Customer Experience (CX) saat ini menjadi salah satu peluang bisnis paling menarik bagi beberapa perusahaan dengan mitra bisnisnya. Perusahaan dapat dikatakan berhasil menerapkan strategi Customer Experience ketika perusahaan tersebut dapat mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, mengurangi churn pelanggan hingga dapat mengingkatkan pendapatan perusahaan. Lalu, cara apa yang dapat digunakan sebuah perusahaan untuk membuat strategi Customer Experience yang baik?

  1. Membuat sebuah visi Customer Experience dengan jelas

Strategi utama disini yaitu memiliki visi yang jelas dan berfokus pada pelanggan. Visi yang dibuat bisa berbentuk prinsip – prinsip yang nantinya akan menjadi arah kerja anggota perusahaan tersebut.

  1. Memahami pelanggan

Jika sudah membuat visi yang jelas, sekarang saatnya membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Anggota perusahaan diharuskan memahami keinginan pelanggan dan memiliki rasa empati dengan situasi yang dihadapi pelanggan. Perusahaan dapat mengelompokan pelanggan dan membuat personas untuk lebih memahami karakter pelanggan.

  1. Membuat hubungan emosional dengan pelanggan

Emosi dipercaya dapat membentuk sikap yang dapat mendorong sebuah keputusan. Secara emosional, perusahaan dianjurkan untuk melibatkan pelanggan karena pelanggan yang terikat secara emosional akan menjadi loyal kepada perusahaan tersebut.

  1. Menjawab feedback dengan cepat

Perusahaan dapat menggunakan personal chat (whatsapp, line,instagram) untuk dapat menerima feedback secara langsung dari pelanggan.

  1. Menggunakan kerangka kerja kualitas

Strategi selanjutnya ialah membuat pelatihan atau e-learning anggota perusahaan untuk mengembangkan kualitas anggota perusahaan dan mendukung layanan bagi pelanggan.

  1. Melihat feedback karyawan

Bukan hanya melihat feedback dari pelanggan, perusahaan juga harus melihat feedback dari anggota perusahaan mereka. Feedback ini berguna untuk melihat seberapa terlibat anggota perusahaan dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

  1. Mengukur Customer Experience

Untuk mengetahui hasil dari proses bisnis yang telah dilalui, perusahaan biasanya menggunakan tolak ukur Net Promoter Score (NPS) untuk mengumpulkan informasi dan feedback dari pelanggan.  

Sumber : shttps://www.superoffice.com/blog/customer-experience-strategy/

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?